Apa itu Besi Beton? Dan Jenis Material Besi Beton Di Pasaran

Apa itu Besi Beton?

Baja tulangan digunakan untuk meningkatkan kekuatan tarik beton, karena beton memiliki tegangan yang sangat lemah, tetapi kuat dalam tekan. Baja hanya digunakan sebagai tulangan karena perpanjangan baja akibat suhu tinggi (koefisien muai panas) hampir sama dengan beton.

Jenis Besi Beton yang Ada Dipasaran :

Bergantung pada jenis bahan yang digunakan dalam produksi tulangan, jenis tulangan berbeda-beda, berikut jenis – jenis besi beton di pasaran yang bisa Anda temukan di supplier besi beton Surabaya.

  1. Besi Beton Eropa

Besi Beton Eropa terbuat dari mangan, yang membuatnya mudah ditekuk. Mereka tidak cocok untuk digunakan di area yang rentan terhadap kondisi cuaca ekstrim atau efek geologis, seperti gempa bumi, angin topan, atau tornado. Biaya tulangan ini rendah.

  1. Besi Beton Karbon

Seperti namanya, itu terbuat dari baja karbon dan umumnya dikenal sebagai Batang Hitam karena warna karbon. Kelemahan utama dari tulangan ini adalah dapat terkorosi, yang berdampak buruk pada beton dan struktur. Rasio kekuatan tarik ditambah dengan nilainya membuat tulangan hitam menjadi salah satu pilihan terbaik.

  1. Besi Beton Berlapis Epoksi

Baja tulangan berlapis epoksi adalah tulangan hitam dengan lapisan epoksi. Ini memiliki kekuatan tarik yang sama, tetapi 70 hingga 1.700 kali lebih tahan terhadap korosi. Namun, lapisan epoksi sangat halus. Semakin besar kerusakan lapisan tersebut, semakin kurang tahan terhadap korosi.

  1. Besi Beton Galvanis

Baja tulangan galvanis hanya empat puluh kali lebih tahan terhadap korosi dibandingkan tulangan hitam, tetapi lebih sulit untuk merusak lapisan tulangan galvanis. Dalam hal ini, ia memiliki nilai lebih daripada tulangan berlapis epoksi. Namun, biayanya sekitar 40% lebih mahal daripada tulangan berlapis epoksi. Jenis besi beton ini adalah salah satu jenis yang paling laris di supplier besi beton Surabaya.

5.Gelas-Fiber-Reinforced-Polymer (GFRP)

GFRP terdiri dari serat karbon. Karena terbuat dari serat, pembengkokan tidak diperbolehkan. Ini sangat tahan terhadap korosi dan mahal jika dibandingkan dengan tulangan lainnya.

  1. Besi Beton Baja Tahan Karat

Baja tahan karat adalah tulangan paling mahal yang tersedia, sekitar delapan kali harga tulangan berlapis epoksi. Ini juga merupakan tulangan terbaik yang tersedia untuk sebagian besar proyek. Namun, menggunakan baja tahan karat di semua situasi kecuali yang paling unik seringkali berlebihan. Tapi, bagi yang punya alasan untuk menggunakannya, tulangan stainless steel 1.500 kali lebih tahan terhadap korosi dibanding batang hitam; ini lebih tahan terhadap kerusakan daripada jenis atau tulangan tahan korosif atau tahan korosif lainnya; dan bisa ditekuk di lapangan, dan besi ini juga masuk kedalam salah satu besi yang banyak dicari di supplier besi beton Surabaya.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS