Jenis Bentuk dan Balok Baja Struktural

Bentuk baja struktural telah lama distandarisasi oleh AISI. Dalam membahas balok, tee, dan saluran, referensi dibuat untuk flensa dan jaring. Flensa diidentifikasikan sebagai bagian datar yang, dalam kasus balok, biasanya ditempatkan di atas dan di bawah balok. Jaring menghubungkan kedua sayap, dan dalam konstruksi normal diorientasikan secara vertikal untuk memberikan balok ketahanan yang tinggi terhadap tekukan. Sudut ditentukan oleh panjang kakinya, yang mungkin sama atau tidak sama.

Baja ASTM A36, dengan kekuatan luluh 36.000 psi, adalah bahan yang paling umum untuk bentuk baja struktural meskipun bahan lain tersedia untuk keadaan khusus termasuk baja paduan rendah, berkekuatan tinggi, dan tahan karat. Anggota baja dihubungkan satu sama lain melalui penggunaan pelat baut atau paku keling yang dipasang ke jaring balok atau dapat dilas langsung satu sama lain. AISC menentukan baik untuk sambungan balok berbingkai maupun balok berbingkai berat, jumlah baris baut atau paku keling yang sesuai berdasarkan beberapa pengencang berdiameter standar.

Perbedaan dikenali antara bentuk “ukuran batang” dan “ukuran struktural”. Ukuran batang digunakan untuk menggambarkan bentuk apa pun yang dimensi penampang utamanya di bawah 3 inci.

Artikel ini secara singkat membahas beberapa bentuk baja populer serta pengaturan di mana bentuk-bentuk ini unggul.

Jenis utama dari bentuk baja struktural meliputi:

  • Beams
  • Tees
  • Channels
  • Angles
  • Hollow Structural Sections (HSS)

 

Jenis Balok Baja

Balok dan gelagar baja struktural tersedia dalam tiga bentuk: balok standar atau “S” , sayap lebar atau balok “W” , dan tiang pancang atau balok “H”.

Balok standar ditentukan dengan callout huruf, S, lalu tinggi badan nominal dalam inci, lalu berat per kaki dalam pound. Sebagian besar hadir dalam versi ringan dan beberapa balok yang lebih besar tersedia dalam beberapa bobot menengah. Balok standar memiliki sayap meruncing sedangkan balok sayap lebar memiliki sayap sejajar.

Balok “H” seringkali memiliki sayap dan jaring dengan ketebalan yang sama sedangkan sayap balok “S” dan “W” lebih tebal daripada jaring. Balok “H” biasanya didorong ke dalam tanah untuk menyediakan pondasi tiang pancang. Dari setiap jenis balok baja tersebut dapat Anda temukan di supplier baja wf di surabaya.

Tees  

Tees adalah balok baja yang dipotong secara longitudinal melalui jaringnya, menghasilkan satu flensa penuh dan web setengah dalam. Mereka tersedia dalam bentuk yang sama dengan balok ukuran penuh: “S” dan “W.” Penunjukan mengidentifikasi jenis, “ST,” diikuti dengan kedalaman web nominal dalam inci, diikuti dengan bentuk, “I” atau “WF”.

Channels

Kanal memiliki jaring tunggal yang diapit oleh flensa atas dan bawah, dengan jaring diorientasikan ke samping dan flensa menonjol secara tegak lurus ke jaring, seperti setengah balok kecuali jaring memiliki ketebalan penuh. Flensa saluran memiliki lancip yang sama dengan balok standar – dengan kemiringan sekitar 16-2 / 3%. Panjang hingga 20 dan 40 kaki umum untuk ukuran batang, dengan ukuran struktural biasanya tersedia dengan panjang 60 kaki. Saluran biasanya tidak diaplikasikan sebagai balok tetapi permukaan datar memungkinkan saluran tersebut dibuat ke permukaan datar lainnya.

Angles

Sudut berbentuk “L” di bagian dengan kaki meruncing yang sama atau tidak sama panjang. Penggunaannya sebagai balok sangat tidak disarankan kecuali jika mereka digandakan dan dihubungkan dengan cara yang mendekati tee. Namun, sudut memiliki banyak aplikasi, dan digunakan sebagai penyangga, untuk rangka, dll.

Bagian Struktural Berongga (HSS)

HSS, atau Hollow Structural Sections, berbentuk persegi panjang, persegi , elips, atau melingkar, dan bentuk persegi panjang biasanya digunakan untuk rangka yang dilas di mana beban bekerja pada struktur dalam beberapa arah. HSS sirkuler, kadang-kadang disebut tubing struktural bulat , berbeda dari pipa dalam pengertian pembawa fluida (yang dicakup oleh standar yang berbeda) tetapi digunakan untuk kolom penahan beban, dll. Seperti kolom Lally. Bentuk-bentuk ini semuanya dimulai sebagai putaran yang dilas, dengan pipa persegi dan persegi panjang dimasukkan melalui pembentukan tambahan untuk membuat produk akhir dengan jari-jari yang berat di sudutnya. Untuk besi baja struktural yang satu ini Anda bisa membelinya di supplier baja wf di surabaya.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS