5 Ide Bisnis Ini Dimulai dengan Modal di Bawah 10 Juta

Rekan Indopreneurs, bisakah sebuah bisnis dimulai hanya dengan modal 10 juta rupiah? Dulu, paradigma dalam dunia bisnis yang berkembang ialah butuh modal yang banyak jika ingin membuka usaha. Rasanya 10 juta saja tidak akan cukup. Namun seiring dengan kemajuan zaman, saat ini banyak pebisnis yang dapat dapat membuktikan bahwa bisnisnya dapat berkembang pesat hanya dengan mengandalkan modal yang minim di bawah 10 juta.

        Karena kami memahami bahwa kebutuhan bisnis rekan-rekan indopreneurs begitu besar maka dari itu kami akan memberikan penjelasan secara mendalam. Mendalam dalam artian bahwa kami turut memberikan perhitungan agar memudahkan rekan-rekan indopreneurs dalam melakukan kalkulasi usaha. Jadi dalam list di bawah ini tidak hanya sekedar penjelasan umum saja yang diberikan.

  1.      Bisnis Pisang Coklat Beku Banana Chic

Rekan Indopreneurs pasti sudah pernah melihat pisang cokelat beku yang dijual di warung-warung sekitar rumah. Pisang coklat beku menarik perhatian khalayak dengan memberikan inovasi baru dalam bentuk penyajian. Dulu pisang coklat beku hanya disajikan dengan sangat sederhana sehingga kurang menarik minat para pembeli. Namun semakin hari, inovasi yang diberikan masyarakat terhadap jenis makanan ringan yang satu ini semakin inovatif. Hal ini terbukti dengan adanya sebuah usaha yang bernama Banana Chic.

Usaha  Banana Chic yang didirikan oleh seorang mahasiswa Trisakti ini memberikan nuansa berbeda pada bisnis pisang beku atau pisang kulkul. Pisang beku yang mereka jual ditaburi topping dari berbagai macam varian rasa. Selain itu, pemilihan pisang sebagai bahan dasar juga dilakukan secara selektif. Produk Banana Chic juga memiliki kemasan yang berbeda dengan pisang kulkul yang biasa dijual di warung-warung dengan dikemas dan dibungkus menggunakan styrofoam. Dengan dibungkus menggunakan styrofoam, pisang coklat beku Banana Chic bisa bertahan hingga 10 hari jika ditaruh di dalam kulkas. Ternyata, bisnis yang didirikan oleh Angga Kemal Putra ini hanya diawali dengan modal sebesar 3,5 juta rupiah saja.

  1.      Bisnis Susu Almond Yourganic

Belakangan ini fenomena susu almond di kalangan masyarakat Jakarta menuai cukup banyak perhatian. Jika selama ini kita hanya sering mendengar susu yang terbuat dari olahan susu sapi atau kacang kedelai, kacang almond mampu memberikan nuansa yang berbeda bagi para penikmat susu. Salah satu pebisnis susu almond yang telah sukses ialah Yenna Samantha, pemilik brand Yourganic.

Awalnya, Yenna Samantha hanya memiliki modal usaha sebesar 7 juta. Namun setelah strategi pemasaran word of mouth-nya berhasil, sampai saat ini bisnisnya terus berkembang, bahkan Yourganic sempat mendapatkan penawaran dari Kemchicks agar dipasarkan secara harian di beberapa resto Kemchicks. Tampilan dan kemasan Yourganic yang dijual oleh Yenna termasuk mewah karena menggunakan gelas kaca (jar). Cara menampilkan Yourganic dengan menggunakan jar patut untuk dipuji karena tidak semua pebisnis menonjolkan kesan yang eksklusif pada produk dagangannya.

Yenna menjual produknya dengan harga 25 ribu rupiah untuk ukuran botol susu 250 ml dan 42 ribu rupiah untuk ukuran botol susu 500 ml. Yenna mengatakan sendiri bahwa dirinya masih menjalankan bisnisnya sambil bekerja dan masih membatasi jumlah produksi susu almond-nya setiap hari.

Bisnis Mie Nyonyor

Kisah sukses ketiga ialah Mie Nyonyor di Banyuwangi yang saat ini sudah mampu mencapai omzet bulanan 90 juta rupiah dengan modal awal hanya berkisar 1,5 juta rupiah. Pemiliknya ialah Fendra Agoprilla Putra. Ia merupakan salah satu lulusan mahasiswa terbaik di salah satu Universitas di Banyuwangi yang mendirikan usaha ini bersama istri dan ibunya. Mie Nyonyor memiliki rasa pedas yang unik serta cara plating-nya yang menarik.

Pada awalnya, Fendra beserta istri dan ibunya tidak pernah terpikir untuk menyewa sebuah ruko besar sebagai tempat bisnis. Justru garasi di rumahnyalah yang dipakai menjadi tempat membuka usaha. Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi Rekan Indopreneurs agar dapat menggunakan properti atau peralatan yang sudah ada di rumah untuk menghemat modal usaha.

Jika masalah modal untuk tempat bisnis sudah tertanggulangi, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah masalah bahan baku dan keunikan rasa serta tampilan. Bahan baku yang digunakan dalam bisnis sebaiknya mulai dipikirkan dengan matang, misalnya dengan menghubungi distributor mie terdekat. Untuk masalah rasa serta tampilan, ini yang paling memakan waktu dan tenaga karena membutuhkan eksperimen mendalam agar memperoleh rasa yang khas sehingga dapat menghasilkan produk yang menarik.

Fendra bahkan membutuhkan waktu selama hampir 3 bulan lamanya untuk membuat racikan bumbu yang pas untuk Mie Nyonya. Dalam proses pembuatan bumbu racikan tersebut, Fendra meminta rekan-rekannya sebagai orang yang akan memberikan saran kepadanya mengenai rasa dari bumbu Mie Nyoyor tersebut. Akhirnya jerih payahnya untuk membuat sebuah produk mie yang original kemudian berbuah manis. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan, kita akan melihat bisnis Mie Nyonyor buatan Fendra menjadi sebuah waralaba.

Bisnis Desain Grafis Flux Design

Jika 3 bisnis di atas didominasi oleh bisnis kuliner, bisnis yang bisa dijalankan dengan modal di bawah 10 juta rupiah adalah bisnis desain grafis. Bisnis desain grafis yang dijalankan oleh Yohanes Auri misalnya. Modal awal yang digunakan oleh Auri sangatlah minim, yaitu berada di kisaran 3 juta rupiah. Saat memulai bisnisnya pada tahun 2006, ia hanya bermodalkan komputer Pentium 3 dan kamarnya sendiri yang berukuran 4×4 meter sebagai “kantor”. Mulai dari sanalah ia memulai segalanya dan menamakan usahanya dengan nama Flux Design. Dari modal yang sangat minim di tahun 2006 tersebut, ia berhasil mendapatkan order belasan juta rupiah setelah menamatkan kuliahnya. Hingga tahun 2008, Auri merangkap sebagai kurir, tim pemasaran, bagian keuangan, dan desainer sekaligus. Pada tahun 2009, Auri kemudian berhasil membuat lompatan besar dengan menjadikan kamar miliknya menjadi ruangan kantor.

Bisnis Roti Ceria

Bisnis Roti Ceria ini dijalankan oleh 4 orang mantan mahasiswa LPK Magistra Utama yang kini sudah menjadi pengusaha roti di Jember. Empat sekawan tersebut ialah Arifianto, Dwi Hartanto, Haniah, dan Fikri Candra. Pada awalnya, ide bisnis ini lahir dari sebuah program pendampingan entrepreneurship yang diberikan pihak kampus LPK Magistra Utama.

Pada saat itu, mereka mendapatkan bimbingan dari dosen mereka yang bernama Haris Hermawan. Bimbingan yang dilakukan mulai dari perencanaan, produksi, dan penjualan. Bisa dikatakan bahwa keberhasilan usaha mereka saat ini tak terlepas dari peran dosen tersebut. Pada awalnya, modal yang diperlukan untuk memulai usaha tersebut sebesar 1,4 juta rupiah. Mungkin Rekan Indopreneurs terheran-terheran bagaimana mungkin sebuah bisnis roti bisa dijalankan dengan hanya bermodalkan uang di bawah 2 juta rupiah?

Pada waktu itu, mereka berempat menggunakan peralatan untuk membuat roti dengan cara meminjam pada orang lain. Dengan cara seperti ini, modal yang mereka gunakan bisa lebih kecil. Maklum saja, pada waktu itu mereka masih mahasiswa sehingga memiliki permasalahan modal usaha. Keempat mahasiswa ini menjual rotinya di pasar tradisional mulai dari pukul 02.00 hingga 07.00 WIB.

Awalnya, mereka hanya menjual 50 roti per hari dengan harga Rp1.000,00 per buah. Setelah berjalan beberapa tahun, Roti Ceria memperbanyak varian produk dan rasa dari setiap produknya seperti donut, muffin, dan tart. Saat ini, mereka sudah bisa memproduksi 24.000 potong roti, 8.000 potong roti di antaranya sudah pasti terjual, sedangkan sisanya dipergunakan sebagai stock jika ada kebutuhan dan permintaan pelanggan yang mendesak. Berkat kerja keras mereka, akhirnya ada seorang investor yang tertarik menanamkan uangnya sebesar 6,5 milliar rupiah berupa lahan dan bangunan sebagai tempat usaha. 

 

Bisnis Jasa SEO Profesional

Bisnis ini tidak memerlukan banyak modal uang, keterampilan dan pengetahuan tentang bagaimana digital marketing yang baik dan kemampuan teknis memahami mesin pencari merupakan modal utama dalam menjalankan Bisnis Jasa SEO. Apabila anda tinggal di Jakarta, mejalankan Jasa SEO Jakarta memiliki peluang sangat besar karena banyaknya bisnis yang berkembang dan berjalan di jakarta.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS